Jumat, 15 Juli 2016

WAJIB TAHU...!!! Inilah 5 Perkara Yang Harus Disegerakan Dalam Islam.


HAMBASURGA - Saudara-saudara ku yang muslim, kali ini saya akan memberikan anda sebuah ilmu yang bisa bermanfaat untuk kita semua, yaitu tentang 5 perkara yang harus disegerakan oleh setiap muslim jika sudah berhadapan dengannya.
Lima perkara ada baiknya sesegera mungkin untuk kita laksanakan. Apa Saja Lima perkara tersebut yuk kita baca dibawah ini :




1. Shalat tepat waktu.
Nabi Muhammad SAW mengajarkan setiap ummatnya untuk senantiasa bisa shalat tepat pada waktunya, karena jika seorang muslim waktu shalatnya sudah tepat, maka pekerjaan yang lain akan terlaksana dengan baik dan teratur, jika shalatnya masih berantakan maka semua aktivitas dirinya akan terganggu.
Sesibuk apapun pekerjaan kita, jika waktu shalat telah tiba, hendaknya kita memenuhi dahulu panggilan untuk beribadah kepada-Nya.
2. Memakamkan jenazah.
Jenazah perlu diurus dan dimakankan dengan segera. Jangan ditunda, lebih baik segera dimandikan, dikafani, dishalatkan dan dimakamkan. Dalam salah satu hadits disebutkan mengapa harus mempercepat pemakaman jenazah; jika ia orang yang taat berarti kita mempercepat ia bertemu nikmat-Nya, sedangkan jika ia pendosa berarti kita mempercepat berlepas dari fitnahnya.
Mempercepat pengurusan jenazah adalah hal yang mesti muslim laksanakan, karena hal ini punya konsekuensi nya tersendiri, alasan yang sangat logis untuk mempercepat pengurusan jenazah adalah karena jika kita mempercepat pengurusan jenazah maka jika dia orang yang baik maka akan mempermudah ia untuk mendapatkan kenikmatannya, dan jika dia tergolong kepada pendosa maka ia akan segera terbebas dari fitnahnya. hal ini berdasarkan sebuah hadis dari Rasulullah SAW.

3. Menikahkan wanita yang telah datang jodohnya.
Rasulullah menganjurkan para orangtua agar segera menikahkan putrinya jika telah ada pria sekufu yang melamarnya. Menurut banyak ulama, kufu itu dalam urusan agama. Senada dengan hadits lain yang menjelaskan bahwa jika ada pria saleh yang datang melamar hendaklah diterima atau akan ada fitnah dan kerusakan yang terjadi di muka bumi.
Jadi, untukmu saudara-saudara ku yang mu'min yang punya anak perempuan, jika sudah datang jodohnya maka jangan menunda-nunda untuk segera dinikahkan.

4. Membayar hutang.
Membayar hutang, agaknya kekhawatiran Islam terhadap kematian begitu kental dalam ajaran agama ini, lalu apa hubungannya dengan masalah yang keempat ini, dikhawatirkan orang yang meninggal tersebut mempunyai sangkutan haqqul adami berupa hutang, maka hutang segera harus dibayar, tanpa harus menundanya. Menunda hutang termasuk perbuatan dhalim karena tergolong orang yang meremehkan kewajiban.
5. Taubat.
Taubat termasuk perbuatan harus ‘segera’ dilakukan, katerlambatan taubat yang kemudian diserobot kematian akan berakibta fatal (bc:su’ul khatimah), rasulullah yang dijanjikan oleh Allah dan ma’shum dari perbuatan maksiat saja mengucapkan:
رَبِ اغْفِرْلِى وَتُبْ عَليَّ إِنَكَ أَنْتَ التَوَابُ الغَفُوْرُ
Minimal seratus kali, lalu bagaimana dengan kita semua ummatnya yang selalu bergelimang dosa, tentu harus lebih berlipat lipat dalam membaca istighfar.

Semoga bermanfaat. Wassalam.
.
Sumber: reportase islami

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : WAJIB TAHU...!!! Inilah 5 Perkara Yang Harus Disegerakan Dalam Islam.